You are currently browsing the category archive for the ‘Rupa-Rupa’ category.

Reference: Facebook | GeoSciences Internet Resources

R.E.F.E.R.E.N.C.E : Facebook | GeoSciences Internet Resources


Virtual Library Earth Science

http://vlib.org/EarthScience

GEOLOGYNET
http://www.geologynet.com/geologylinks.htm

Geology Centeral
http://homepage.smc.edu/robinson_richard/geologycentral.htm

USGS NATIONAL GEOLOGICAL MAP DATABASE
http://ngmdb.usgs.gov/

sequence stratigraphy web
http://strata.geol.sc.edu/index.html

How to Organize and Run a Geology Field Trip
http://www.heptune.com/profield.html

courses of geology department at tulane university
http://www.tulane.edu/~sanelson/#Courses%20Taught

Baca entri selengkapnya »

Iklan

J – O – G – G – I – N – G

joggingMelakukan jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental.

Keuntungan Jogging

Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan. Efek-efek dari jogging adalah:

>> Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan.

>> Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan.

>> Menetralkan depresi.

>> Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.

>> Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan.

>> Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya.

>> Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.

>> Membuat tidur lebih nyenyak.

Kesenangan Yang Didapat Dari Jogging

Jogging juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.

Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama jogging Anda juga dapat merasakan perasaan senang.

Pakaian Dan Sepatu

Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu. Saat udara hangat, celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat.

Sedang untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset.

Rute Dan Sesi Jogging

Jogging dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; Jogging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 km.

Bagaimana Melakukan Sesi Jogging

Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.

Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi

Sangat disarankan untuk melakukan peregangan (stretching) sebelum melakukan sesi jogging, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.

5tr3tch1n6

Kapan Dan Seberapa Sering

Jika jogging hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idelnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan jogging dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan jogging, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan jogging sebagai kegiatan pertama di pagi hari.

Bagaimana Memulainya

Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai jogging, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan jogging, atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogging. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.

Gerakan S-H-O-L-A-T

sholatTakbiratul Ihram

Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.

>> Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk

Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

>> Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal

Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.

>> Manfaat: I’tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud

Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

>> Manfaat: Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk

Postur: Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.

>> Manfaat: Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam

Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.

>> Manfaat: Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

5h0l4tSholat secara kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi mempercantik diri wanita luar dalam. Manfaat itu dapat dilihat sebagai berikut :

>> Memacu Kecerdasan

Gerakan sujud dalam salat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh, gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi tingginya. Mengapa?

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.

Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

>> Memperindah Postur

Gerakan gerakan dalam salat merupakan dasar dari peregangan (stretching). Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan salat dibandingkan gerakan lainnya adalah salat menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan.

Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

>> Memudahkan Persalinan

Masih dalam pose sujud, manfaat lain bisa dinikmati kaum hawa. Saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

>> Meningkatkan Kesuburan

Setelah sujud adalah gerakan duduk. Dalam salat ada dua macam sikap duduk, yaitu duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyyat akhir). Yang terpenting adalah turut berkontraksinya otot otot daerah perineum. Bagi wanita, inilah daerah paling terlindung karena terdapat tiga lubang, yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih.

Saat duduk tawarruk, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

>> Memperawet Muda

Pada dasarnya, seluruh gerakan salat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

Gerakan terakhir, yaitu salam dan menengok ke kiri dan kanan punya pengaruh besar pada ke¬kencangan. kulit wajah. Gerakan ini tak ubahnya relaksasi wajah dan leher. Yang tak kalah pen¬tingnya, gerakan ini menghin¬darkan wanita dari serangan migrain dan sakit kepala lainnya.

Reference:

Jogging (Arief dalam diskusi Millist Migas Indonesia@ yahoogroups)

Sholat (seripayku.blogspot.com/2008/06/manfaat-sholat.html)

Gambar (googling-gambar2)

integrated article..
processing & analisis on Geowave Technology, PT:

Geological, Geophysical & Reservoir Analysis for Hydrocarbon Services*

“..Nostalgia dikit ah..ini lagu bagus & legendaris abis..hehehe..pernah sy bawain lho ikut festival semasa kelas dua sma dulu..vokalis kami ce keren dengan suara melow ber-gelombang ..siurr ..siurr ..byurr ..wuihh..merinding mendengarnya..& sangking bagusnya ini lagu, ketiban juara satu..padahal melodie yg sy maenkan pas2an..anyway..tanpa seizin personel grup Helloween..ga pa pa ya sy tampilkan video, lirik & chord simpel lagunya..sorry buat yg fakir bandwith..& mugi2 Helloween tetap eksis sepanjang masa ..forever & one..”

 

(tips: pause dahulu, biar buffering sejenak, lalu play)

 

(intro: Am – Em – Dm – Am – E)


                     Am

What can I do?

                                          Em
Will I be getting through?
                                      Dm                                   Am   E
Now that I must try to leave it all behind


                    Am                                                     Em
Did you see what you have done to me?
                                     Dm
So hard to justify
                                          E
Slowly its passing by

(#)
                            Am                    Em
Forever and one – I will miss you
         F                  C                            F  
However I kiss you yet again
            
    Dm                    E
Way down in neverland
     
   Am              Em
So hard I was trying
        F                 C                       F
Tomorrow I’ll still be crying
                                     E                Am                G
How could you hide your lies, your lies

             Am                                           Em  
Here I am seeing you once again
                                         Dm
My minds so far away
                                                   Am  E
My hearts so close to stay


          
               Am
Too proud to fight
                                                    Em 
I’m walking back into night
                          Dm                                         E 
Will I ever find someone to believe?

 

 

(back to # à Melodie: Am – Em – dm – E – Am –  Em –  F –  C –  F –  Dm –  E –  C – Dm – Am – Dm – F –  Dm – E à #)

 

Info: Band Speed Metal legendaris asal Hamburg, Jerman, Helloween,  pernah menggebrak Tennis Outdoor Senayan pada jum’at malam (22/02/2008). Formasi sekarang (sejak tahun 2005) :  Andi Deris (vokal), Michael Weikath (gitar), Sascha Gerstner (gitar), Markus Grosskopf (bas) dan Daniel Loble (drum).

 

 

Sy kasih link kerennya ya.. *Sssstt..antara kita ajah yg tau..hehe!??*

Download Video youtube (pake free youtube downloader): http://www.youtube.com/watch?v=-Dl6CLWLMzk

Apa Komentar anda ???

My little2 pussy meong..

Emaknya: c bodo. Beuh, ini kucing bodoh abis deh tp bener sayang anak.

Anaknya: c putiluya, c belang, c koneng & c ebod. Kalo mimik cucu suka berebut sikut kiri kanan , suka berantem tp segera baikan, kalo lg bobo suka berpelukan, kalo c emak dateng langsung rame kaya pasar.

Bapaknya: ga jelas siapa?!! kalo ga c negro, c bombom ato c jecky kali..! Dasar c bapak yg ga tau diri.

….Serrbuuuu   …Zzz..zzz

foto-foto narsis (ebod-belang-koneng-putiluya)

Upss…?!?

Mineral galian, pertambangan & energi yang tersebar…….dari saabang sampaii maaarauke, berjajaar puulaau-puulaaaau. Sambung meenyaambuung menjadiiii satu, itulaah INNDOONEESIAAAA….indone#$%&…”. “Sstop..stop, ko malah nyanyi sih?”. “oh, iya, sy jadi maaluu..”

Provinsi nanggroe aceh darussalam >> gas alam, minyak bumi, batubara, emas, tembaga. Provinsi sumatera utara >> gamping, dolomite, pasir kuarsa, belerang, kaolin, diatomea, bentonit, emas, perak, tembaga, timah hitam, minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Provinsi Bengkulu >> batu bara, emas, pasir besi, batu apung, bentonit .Provinsi riau >> pasir laut, granit, bauksit, timah, emas, batu bara, gambut, pasir kuarsa, andesit, minyak dan gas bumi, timah. Provinsi kepulauan riau >> bauksit, timah, minyak & gas bumi, granit, pasir darat. Provinsi sumatera barat >> andesit, granit, batugamping, kuarsit, tanahliat, pasir kuarsa, sirtu, emas, mangan, timah hitam, perak, batu bara, bitumen padat, emas, bijih besi, air raksa. Provinsi sumatera selatan >> minyak bumi, batubara.

 

“sebentar..sebentar, lembur maneh tah”. “Hehe, emang naon!?!, geus, urang lanjutkeun yeeuh

 

Provinsi bangka belitung >> biji timah. Provinsi jambi >> batubara, gas bumi, panas bumi. Provinsi lampung >> andesit, felspar, granit, zeolit, emas, mangaan, bijih besi dan pasir besi, panas bumi. Provinsi dki jakarta >> ?.Provinsi banten >> ?.Provinsi d.i. yogyakarta >> batu kapur putih, andesit, bentonit/ abu bumi, kaolin/feldstar. Provinsi jawa barat >> zeolit, bentonit, pasir besi, semen pozolan, felspar, barn permata/gemstone. Provinsi jawa timur >>  batu gunung/anderit, pasir, batu kapur, felspar, tanah liat, dolomit, marmer, pasir kwarsa, bantonit, tanah urug, trass, pasir/krikil batu (sirtu). Provinsi jawa tengah >> emas, tembaga, biji besi, batu bara, bahan baku semen, potensi geothermal. Provinsi bali >> ?. Provinsi nusa tenggara barat >> emas, perak, tembaga, pasir best, dan timbal atau timah hitam, belerang (jumlahnya belum ekonomis untuk diproduksi). Provinsi nusa tenggara timur >> batu karang, sirtu, pasir, batu pecah, batu gelondongan, batu warna, batu kapur, panas bumi, marmer, biji besi. Provinsi kalimantan barat >> ?. Provinsi kalimantan selatan >> minyak & gas bumi,batu bara, biji nikel, biji besi, biji mas, krikil berntan, batu gamping, marrmer, kaolin. Provinsi kalimantan tengah >> emas, perak, minyak & gas bumi, batubara. {intermezzo, secara geologis, kalimantan tengah terdiri atas satuan batuan beku (25%), bantuan sedimen (65%) dan batuan metamorf (10%)}. Provinsi kalimantan timur >> minyak bumi, gas alam, batu bara.

 

“upsss, jd inget euy!”. “hihi, that’s pleasant memories”. “Ture, aku mw tanya..katanya s.mahakam, sungai purba??”. “iya Adven, ceunah!”. “buktinya naon?”. “yaa..teuing”.

 

Provinsi sulawesi tenggara >> aspal, marmer, biji nikel. Provinsi sulawesi utara >> ?. Provinsi sulawesi selatan >> emas, mangan, besi, pasir besi, granit, timah hitam, batu nikel. Provinsi sulawesi tengah >> minyak & gas bumi, batubara, emas, nikel, bijih besi, mangan, mika skis, limesstone, granit, marmer, kaolin, gypsum. Provinsi gorontalo >> potensi migas ??. Provinsi maluku >> potensi mineral galian ??. Provinsi maluku utara >> nikel, emas, pasir besi.

Provinsi papua barat >> minyak & gas bumi. Provinsi papua >> tembaga, emas, minyak & gas bumi, batubara, barn gamping, pasir kuarsa, lempung, marmer, granit, pasir besi, nikel, krom.

 

“Woooww..*molohok*, my cool country! Yeah”.

 

Referensi: Indonesia Tanah Airku (2007). Lengkapnya di www.indonesia.go.id

 

MENTARI

(Pencipta: Iwan Abdurrachman, yang lebih dikenal dengan panggilan ABAH IWAN)

Mentari menyala di sini
Di sini di dalam hatiku
Gemuruh apinya di sini
Di sini di urat darahku

Meskipun tembok yang tinggi mengurungku
Berlapis pagar duri sekitarku
Tak satu pun yang sanggup menghalangiku
Bernyala di dalam hatiku

Hari ini hari milikku
Juga esok masih terbentang
Dan mentari kan tetap menyala
Di sini di urat darahku

Sumber: http://lagualam.wordpress.com/2007/10/04/mentari/

Cahaya (Spektrum optic, atau spektrum terlihat atau spektrum tampak) adalah bagian dari spectrum elektromagnet yang tampak oleh mata manusia. Radiasi elektromagnetik dalam rentang panjang gelombang ini disebut sebagai cahaya tampak atau cahaya saja. Tidak ada batasan yang tepat dari spektrum optik; mata normal manusia akan dapat menerima panjang gelombang dari 400 sampai 700 nm, meskipun beberapa orang dapat menerima panjang gelombang dari 380 sampai 780 nm. Mata yang telah beradaptasi dengan cahaya biasanya memiliki sensitivitas maksimum di sekitar 555 nm, di wilayah kuning dari spektrum optik.

Panjang gelombang yang kasat mata didefinisikan oleh jangkauan spektral jendela optik, wilayah spektrum elektromagnetik yang melewati atmosfer Bumi sebagian besar tanpa dikurangi (meskipun cahaya biru dipencarkan lebih banyak dari cahaya merah, salah satu alasan mengapai langit berwarna biru). Radiasi elektromagnetik di luar jangkauan panjang gelombang optik, atau jendela transmisi lainnya, hampir seluruhnya diserap oleh atmosfer.

Meskipun spektrum optik adalah spektrum yang kontinu sehingga tidak ada batas yang jelas antara satu warna dengan warna lainnya, tabel berikut memberikan batas kira-kira untuk warna-warna spektrum :

Ungu, 380–450 nm

Biru, 450–495 nm

Hijau, 495–570 nm

Kuning, 570–590 nm

Jingga, 590–620 nm

Merah, 620–750 nm

 

Note:

1 nm = 0,000000001 m. Panjang gelombang cahaya berbanding terbalik dengan frekuensi. Artinya, semakin besar panjang gelombang maka semakin rendah frekuensi cahaya, maka warna merah memiliki energi lebih rendah daripada warna ungu.

Referensi: dikutip ulang dari wikipedia, Collection only…

Di malam minggu yang ceria, si Adven & si Ture lagi asyik nongkrong *cuci mata* di restoran fastfood pada sebuah Mall di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Semarak malam mingguan ala jomblo merupakan kegiatan yg rutin mereka lakukan pada awal bulan, maklum kedua bocah tersebut sampai detik ini belum dipertemukan Tuhan jodoh masing2, hehe!. Sudah sekitar stengah jam mereka duduk melahap jamuan sambil ngobrol ngaler-ngidul, di salah satu meja didekat pintu masuk, dan tentu hilir mudik pengunjung merupakan tontonan yg dinamis, ga ngebosenin. Hingga duduklah saat itu dua orang pemuda berambut kriting yg berbeda usia persis di samping meja makan mereka. Pada awalnya sih biasa2 aja, namun sepertinya celotehan kedua pemuda tersebut cukup menarik untuk didengarkan, terutama bagi si Adven. Dugaan Adven bahwa mereka berdua adalah saudara sepupu. *lho ko bisa ya menafsirkannya seperti itu?!?*.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Adek: “Waah..Bang, sudah sebulan sejak aku diwisuda ko belum dapet2 gawe ya?? ga kaya Abang di usia yg relatif muda sekarang ini malah sudah mencapai posisi manager!, pusiiing aku sebagai fresh graduate!!”

Abang: “Nyantai aja brother, kalo memang rejeki ga akan kemana, hihi.”

Adek: “Ga akan kemana bagemana!!!?…lha sudah tiap minggu aku baca loker di koran, trus udah 10buah aplikasi pos aku kirim, tapi ko ga ada prospeknya gitu?!!!, mending aku pulang kampung aja deh Bang, mw menenangkan diri”

Abang: “Kamu baru aja sebulan…sy dulu nganggur 7bulan lho! Yang penting istiqomahnya itu. Lagian pihak industri kan perlu waktu itu memproses aplikasimu, apakah cocok dengan spesifikasi yg mereka butuhkan ato tidak. Jadi…keep spirit, ok bro?”

Adek: “Aaahh..standar banget motivasinya itu, ga penting. Yang penting itu mungkin Abang punya koneksi ato link dari temen2 buat aku gitu, ada ga?”

Abang: “Waduh! dengar!, meskipun sy percaya 110 % pada kemampuanmu, tapi mohon maaf bro saat ini belum terkabar ada posisi yg kosong, jadi keep spirit lagi deh, hihi!”.

Adek: “Coba Abang bayangkan, komputer aku bisa, materi keilmuan sudah pasti, dikampus dulu pernah ikut organisasi, & bahasa Inggris bisaalah dipaksain…kurang apalagi??”

Abang: “Yaa..berarti selama sebulan ini, kamu belum beruntung aja. Keberuntungan itu kata orang adalah Persiapan x Kesempatan, sedang Persiapan *ato ikhtiar* sendiri *juga kata orang* merupakan hasil dari Kemampuan x Kemauan, jadi simpulkan sendiri aja deh…sering2 berdoa pastinya. Ngomong2 nilai Toefl Inggrismu berapa tuh?”

Adek: “Toefl??, belum tau Bang, belum pernah tes sih…tapi aku yakinnya sekitar 600an lah, heee… Dulukan, pas SMA, aku ikut kursus Bahasa Inggris, namun pas kuliah cuma ngandalin ‘otodidak’ doang dari cuap2 ga jelas sama temen, nonton filem barat, trus suka denger&hapal lagu2 slowrock, yeah!

Abang: “Tuh kan, kamu terlihat optimist sekali, katanya lagi pusiiing !!! Coba deh kalau kebetulan ada waktu dan uang, kamu ikut tes sudah sampai sejauh mana kemampuan Inggrismu itu. Sy punya pengalaman saat interview yaa dites ngobrol dalam bahasa Inggris sama HRD & User, kebetulan nilai toefl yg Abang cantumin di CV/resume saat itu adalah 475, jadi haajjarrr aja deh..he..he..he!”

Adek: “Wah, mumpung masih ada waktu, berarti harus kupersiapkan semaksimal mungkin yak?. Nanti, kalau seandainya nih aku dipanggil interview, harus gimana Bang?..i wonder”

Abang: “ Mmm..kata temen2 Abang sih *entah darimana sumber otentiknya* 89% diterima ato tidaknya applicans ditentukan ya saat interview itu. Sepemahaman Abang sampai saat ini diantaranya adalah: berpakaian yang sopan, rapih & tepat, jangan pernah berbohong saat wawancara, kita ga boleh terlihat lemas & loyo, harus energik. Trus saat berkomunikasi suara & mata harus jelas & fokus, yg memancarkan keramahan, semangat, smart & antusiasme. Kemudian kondisikan suasana yg nyaman & kondusif, gugup sih wajar, tapi kalo tegang yaa sayang, apalagi kalo ga pake senyum segala, bete banget. Oia, dikampusmu ada CDC ga??

Adek: CDC? Apaan tuh? Kaya pernah denger!”

Abang: “Itu lho..Career Development Center!”

Adek: “Oh iya, ga ada Bang. Tapi dikampus temen ada. Aku inget, kata temenku CDC itu semacam lembaga yg menginformasikan lowongan gawe buat lulusan kampusnya & tesnya *oleh pihak industri* pun dilakukan disana secara massal, selektif lagi, semacam walk in interview, ada uptitute test, attitute test, tes kelompok, psikotes, dll. Kebetulan mahasiswa luar juga bisa daftar, waktu keanggotaannya sekitar 4bulanan & bisa diperpanjang”

Abang: “Nah itu, ikutan aja, peluang kamu kan jadi semakin besar, ga hanya ngandalin dari koran aja. Trus sekarang kamu udah punya alamat email kan?

Adek: “Udah Bang!”

Abang: “Nah, dari sekarang & kalau perlu tiap malem kamu nge-internet u/ apply gawe via email, kalo ga salah emailmu nanti bisa subscribe ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com & juga Lowongan_Migas-subscribe@yahoogroups.com ato millist ikatan seniormu. Nanti kamu tinggal nerima email info gawenya ato Jobalert-nya, siapa tau ada posisi yang cocok, amien. Trus kamu daftar juga ke Jobsdb; Jobstreet; Jobs.Experd; dll. Ikutin aja prosedurnya & sering2 monitoring pastinya!”

Adek: “Oke Bang, mumpung nanti pas ke warnet aku nge-cek email & juga cek list lowongannya, lalu kenapa ga sekalian web-walking aja yak! Aku yakin banget Bang, sekarang ini udah jamannya internet, beberapa perusahaan pasti telah membuka apply lowongan via online di webnya, hee.. & kenapa aku baru tersadar sekarang yak?Weleh..weleh!”

Abang: “Cuma pesen Abang satu, setelah bekerja nanti, biasanya yang namanya akademik dialami sebagian besar ga kepake, justru soft skill lah yang berperan. ……………bla..bla..bla..bla”

Adek: “bla..bla..bla..”

Abang: “bla..bla..bla..”

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

“Ture, pulang ke kost ah?!!, udah sejam lebih nih disini coy. Ga rame kalo terlalu lama mojok”. “Hayoo..kemoun”. Akhirnya mereka berdua pulang ke kostan, naek angkot kebetulan cuma sekali saja. Namun pas di angkot si Adven dengan polosnya berkata: Pada awalnya aku kasihan sama tuh anak, tapi akhirnya ko malah jadi penasaran gimana hasilnya nanti ya Ture, berhasil kah dia?”. Seperti biasa dengan nada cuek Ture berkata: “Yaa..ga tau deh, masa depankan ga bisa kita prediksi”. Seiring mobil angkot berjalan, sampailah mereka di kostan. Sebelumnya, selama perjalanan di angkot, Ture terlihat merenung saja, dalam hatinya ia teringat pada pesan sang dosen sewaktu di kampus dahulu, bahwa: Tuhan Tidak Pernah Bermain DADU. J

( Disclamers: Haha, cerita di atas hanyalah karangan penulis belaka, believe it or not..it’s up to U! J )

Info loker check disini

Just: A SYAFRAN EKASAPTA

Progress

yang nge_lirik

website stats

Bila anda tidak menemukan apa yg hendak dicari, manfaatkan menu SEARCH berikut, dengan keyword yg tepat.

RSS kompas >> Sains

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

catatan hari ini…!

" ........... tetap 'fokus' pada impian-impian & evaluasi diri!!!! ..............."
Support Palestine

RSS physicist-job

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS info beasiswa – s1 s2 s3

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

sejenak listen to the music