jhgelGeophysics is the study of the earth’s properties by applying physical theories and using instruments for measurement. Pemahaman sederhana untuk geofisika dapat kita gambarkan sebagai perpaduan dari Fisika, Matematika dan Geologi yang didukung oleh Komputasi, Observasi dan Instrumentasi (mas Grandis – itb).

Ups! Ada fisikanya!😛

Dalam bahasa sederhana, sy enak menyebutnya dengan survei geofisika. Apa nih yg disurvei? *..&^%^>#<@%###..*  Ada secarik note yg disampaikan oleh mas John Milsom – University College London, yaitu: “…Measurements in geophysical surveys are made in the field but, unfortunately, many are also of fields. Field theory is fundamental to gravity magnetic and electromagnetic work, an even particle fluxes and seismic wavefronts can be described in terms of radiation fields…”. Tentang bagaimana cara kita ngukurnya & tools yg digunakan ya disebut metoda geofisika. Dan Tabel berikut menunjukkan parameter2 fisis yg ‘disurvei’.

METODA GEOFISIKA

PARAMETER YANG DIUKUR

SIFAT FISIKA YANG DIUKUR

SEISMIK

Waktu tiba gelombang seismik pantul atau bias, amplitudo dan frekuensi gelombang seismik

Densitas dan modulus elastisitas yang menentukan kecepatan rambat gelombang seismik

GRAVITASI

Variasi harga percepatan gravitasi bumi pada posisi yang berbeda

Densitas

MAGNETIK

Variasi harga intensitas medan magnetik pada posisi yang berbeda

Suseptibilitas atau remanen magnetik

RESISTIVITAS

Harga resistansi dari bumi

Konduktivitas listrik

POLARISASI TERINDUKSI

Tegangan polarisasi atau resistivitas batuan sebagai fungsi dari frekuensi

Kapasitansi listrik

POTENSIAL DIRI

Potensial listrik

Konduktivitas listrik

ELEKTROMAGNETIK

Respon terhadap radiasi elektromagnetik

Konduktivitas atau Induktansi listrik

RADAR

Waktu tiba perambatan gelombang radar

Konstanta dielektrik

Berikut kita lihat beberapa definisi dari metoda2 geofisika:

Metoda Seismik >> terdiri dari seismik pantul (refleksi) dan seismic Bias (refraksi). Metoda seismik berdasarkan bahwa kecepatan penjalaran gelombang seismik ditentukan oleh sifat elastisitas mediumnya. Sumber gelombang buatan (seismic waves) yang dikirimkan menembus tiap lapisan bumi akan dipantulkan/dibiaskan kembali berdasarkan reflektifitas/refraksifitas batas lapisan. Selanjutnya sinyal2 tersebut diproses sedemikian rupa untuk mencitrakan kembali bagaimana penampang lapisan bawah permukaan bumi. Sukur kalo ketemu minyak & gas!😀

Metoda Gravitasi >> Metoda ini untuk mengukur adanya perbedaan kecil medan gaya berat batuan. Perbedaan ini disebabkan karena adanya distribusi massa yang tidak merata di kerak bumi sehingga menimbulkan tidak meratanya distribusi massa jenis batuan. Dilakukan untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan berdasarkan perbedaan rapat masa cebakan mineral dari daerah sekeliling (r=gram/cm3).
Metoda Magnetik >> Metoda ini untuk mengukur sifat kerentanan magnet batuan. Kerentanan magnet batuan tergantung dari kandungan mineral yang bersifat magnetik, misalnya magnetit atau ilmenit di dalam batuan. Dilakukan berdasarkan pengukuran anomaly geomagnet yang diakibatkan oleh perbedaan kontras suseptibilitas, atau permeabilitas magnetik tubuh cebakan dari daerah sekelilingnya.
Metoda Geolistrik >> Terdiri dari bermacam-macam metoda. Diantaranya metode tahanan jenis (resisitivity), metode potensial diri (self potential), metoda potensial terimbas (induced potential), metoda misse a la masse, metode potensial dan lain-lain. Metode tahanan jenis (resistivity) dilakukan berdasarkan perbadaan harga tahanan jenis batuan yang terdapat pada daerah yang ingin diselidiki. Metoda ini bertujuan untuk menetapkan distribusi potensial listrik pada permukaan tanah. Dengan demikian secara tidak langsung juga merupakan penentuan tahanan jenis lapisan batuan.

Metoda Elektromagnetik >> Pada metoda ini terdapat sumber medan elektromagnetik yang membangkitkan medan primer. Apabila dibawah permukaan tanah mengandung bahan konduktif, di dalam batuan tersebut akan terjadi arus oleh induksi, dan arus ini menimbulkan medan sekunder..

Metoda Radar >> Disebut juga dengan metoda Elektromagnetik Subsurface Profilling yg merupakan salah satu metode Geofisika untuk memetakan bawah permukaan yang relatif dangkal. Metoda ini menggunakan prinsip-prinsip gelombang elektromagnetik yang kedalaman penetrasi dan besarnya amplitudo yang terekam sangat tergantung pada sifat kelistrikan dari batuan/media bawah permukaan dan frekuensi peralatan yang digunakan.

Reference: disarikan dari berbagai sumber..

Anything Else?

JohnMilsom_Courtesy