Fisika petir bukanlah jenis prodi yg terdapat perguruan tinggi manapun *belum pernah terdengar sampai detik ini*. Istilah ‘Fisika PETIR’ penulis coba uraikan atas ensiklopedi apa saja (dari hasil ‘temuan’) yg berhubungan dengan keilmuan fisika. Keilmuan fisika dapat memandang fenomena petir sebagai interaksi energi sebuah sistem??. Jikalau petir merupakan salah satu fenomena alamiah dari keilmuan fisika yang terjadi di bumi??
dfdf
dfdf
dfdf
dfdf
dfdf
dfdf
dfdf
dfdf
Berikut ini temuan2nya:

1] Petir atau thunderbolt adalah salah satu fenomena kelistrikan udara (ligthning) di alam, biasanya disertai dengan kilat (cahaya sesaat yang menyilaukan) & guruh (suara menggelegar).

2] Kilat merupakan pelepasan muatan listrik yang tiba-tiba dibarengi dengan pemancaran cahaya tampak dan bentuk radiasi elektromagnetik lainnya.

3] Guruh/geledek merupakan gelombang kejut suara/bunyi yang dihasilkan akibat terjadinya pemanasan dan pemuaian udara yang sangat cepat ketika dilewati oleh sambaran petir dimana sambaran tersebut menyebabkan udara berubah menjadi plasma dan langsung meledak, menimbulkan suara yang bergemuruh.

4] Petir dapat dianalogikan dengan sebuah kapasitor raksasa (energy storage component), di mana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral).

5] Awan ada bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, yang diakibatkan oleh pergerakannya selama berinteraksi dengan dengan awan lainnya. Sehingga pengumpulan muatan negatif pada salah satu sisi awan bila dibandingkan dengan bumi akan menciptakan perbedaan potensial yg cukup besar (melebihi beberapa juta volt).

6] Petir dapat pula terjadi antar awan yang berbeda muatan.

7] Media yang dilalui elektron saat membuang muatan listrik negatif (elektron, -1.6 × 10 pangkat minus 19 coulomb) dari awan ke bumi ialah udara.

8] Ledakan suara terjadi pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara.

9] Energi yang dihasilkan oleh satu sambaran petir mencapai 55 kwhours.

10] Guruh biasanya terdengar beberapa saat setelah kilat terlihat, akibat cahaya merambat lebih cepat (299.338 km/detik) bila dibandingkan suara (1.126 km/jam), bervariasi tergantung temperatur, kelembapan dan tekanan udara.

11] Temperatur pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat Celcius (1/70 temperatur permukaan matahari).

12] Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 ampere.

13] Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik.

14] etc…

Nah, sebentar kita coba telaah kembali bagaimana sih fisikanya batu baterai itu?. Perbedaan potensial antara kedua kutub menghasilkan arus searah *untuk sebuah rangkaian tertutup* yang mengalir dari kutub positif ke kutub negatif. Perlu untuk diingat bahwa pengertian arus dalam listrik adalah muatan positif yang bergerak. Namun sebenarnya yang bergerak adalah elektron (muatan negatif). Maka, sederhananya arus listrik merupakan aliran elektron. Walah…kelistrikan pada fenomena petir apakah seperti ini???!!!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

“Ture, lu jangan coba bermain2 dengan yang namanya petir ya!?!, kecuali kalo lu mau meneliti, hee…”. “Ngapain coba Ven!?! bisa2 hangus terbakar. Petir dapat merobohkan sebuah batang pohon besar & juga dapat merobohkan/meretakkan sebuah bangunan”.“Oia, saat petir menyambar, katanya hati2 juga terhadap bahaya radiasi, konduksi atau induksi gelombang elektromagnetnya, benar begitu??”. “Exactly bro…waspadalah kawan!!”. “Oh..dinda, karna dirimu hati ini terasa seperti disambar petir di siang bolong…”. “Wuuuw, pelototin aja terus itu poto, dassarrr lu…”

Referensi: Wikipedia, Harun Yahya, Badan Meteorologi-Geofisika, dll.

integrated article..
processing & analisis on Geowave Technology, PT:

Geological, Geophysical & Reservoir Analysis for Hydrocarbon Services*